Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Jangan sungkan untuk mampir lagi ke sini

PURWAKARTA – Sidang penghitungan suara Pemilu 2009 telah dibuka Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Purwakarta, Minggu (12/4) pukul 8.00 WIB. Satu persatu C2 Besar dari hasil pemungutan suara di tiap TPS kembali dihitung. Alhasil, penghitungan suara ulang ini akan membutuhan waktu yang cukup lama.

Ketua PPK Purwakarta, Ii Sanukri, disela sidang menyebutkan, penghitungan suara di PPK baru bisa dilakukan pada saat ini. Karena penyerahan data hasil pemungutan suara di beberapa PPS mengalami keterlambatan. Sehingga, pihaknya tak bisa membuka penghitungan suara ulang ini secara langsung.

“Sekarang data dan kotak suara setiap TPS sudah ada. Saat ini kami baru bisa melakukan sidang,” ujarnya. Ii mengaku dalam perhitungan suara ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena jumlah TPS di Kecamatan Purwakarta terdapat 247 TPS yang terdapat di 10 kelurahan dan desa.

“Jika dilihat waktu penghitungan setiap TPS membutuhkan waktu selama 30 menit. Setiap TPS ada 4 kotak suara untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Masing-masing harus dibuka. Karena kami menghitung ulang dari hasil penghitungan C2 Besar yang ada dalam kotak suara,” terang Ii.

Ii merasa dalam sidang kali ini tidak akan selesai dalam waktu satu hari. Diperkirakan penghitungan suara ulang bisa membutuhkan waktu satu minggu. “Hari ini sidang dibuka jam 8.00. Sudah jam 3.00 sore baru bisa menghitung sebanyak 5 TPS dari Kelurahan nagri Tengah,” tandasnya. (frd)

Petugas Antisifasi Gangguan Keamanan

Photo: Dedi Karliadi (Kasi Tantrib Kecamatan Purwakarta)

PURWAKARTA – Sidang penghitungan suara di PPK Purwakarta mendapat perhatian dari warga. Ratusan warga memadati Aula Kantor Kecamatan Purwakarta untuk menyaksikan penghitungan suara ulang itu. Hal itu membuat petugas keamanan dari Satpol PP dan kepolisian bersiaga untuk mengantisifasi gejala gangguan keamanan.

“Antusias warga cukup tinggi untuk melihat hasil perolehan suara. Padahal yang diundang oleh PPK hanya para saksi saja. Tetapi yang datang bukan hanya saksi, melainkan dari kader dan simpatisan caleg dan parpol,” ujar Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Purwakarta, Dedi Karliadi, Minggu (12/4) kepada Pasundan Ekspres di Kantor Kecamatan Purwakarta.

Dedi memperkirakan, warga yang menyaksikan sidang penghitungan suara bisa mencapai 200 orang lebih. Jumlah sebanyak itu sangat riskan terjadi masalah yang mengganggu perhitungan suara. Sehingga, petugas keamanan melakukan siaga penuh untuk mengantisifasi persoalan yang tidak diharapkan.

“Petugas keamanan dari Satpol PP berjumlah 5 orang. Sedangkan dari kepolisian sebanyak 2 orang. Ditambah petugas linmas. Mereka berjaga selama 24 jam secara bergiliran,” terangnya.

Apabila melihat kondisi saat ini, lanjut Dedi, keamanan sidang penghitungan suara masih berjalan aman dan lancar. Ia tidak melihat tanda-tanda akan terjadi masalah pada sidang. Keramaian hanya nampak saat penghitungan suara pada hasil DPRD kabupaten. (frd)

0 komentar:

Posting Komentar

kami butuh saran dan kritik mu..